my banner link

Senin, 20 September 2010

Badan bergerak..kulitpun menawan

 
Olahraga tidak hanya penting untuk menjaga kebugaran dan berat badan. Jangan lupa, kulit kita pun membutuhkannya. Hal ini terutama karena kegiatan gerak badan akan memperlancar sirkulasi oksigen dan peredaran darah yang menunjang proses produksi kolagen. Kulit pun lebih lembab dan cerah. 

Olahraga yang dilakukan secara teratur juga akan mencegah penambahan berat badan yang tentu berpengaruh pada kualitas kulit seseorang. Dalam penelitian terbaru terungkap bahwa kulit orang yang tidak berolahraga akan terlihat lebih kendur dibanding orang yang rajin bergerak. 

Ross Whitehead dari Universitas St.Andrew, Skotlandia, baru-baru ini mempublikasikan hasil penelitiannya mengenai efek olahraga dan penuaan kulit. Ia menggunakan metode matematis dengan teknologi pencitraan untuk memprediksi bagaimana bentuk, warna, dan tekstur perubahan wajah pada orang-orang yang tidak berolahraga dalam 20 tahun mendatang. 

Whitehead ikut mempertimbangkan faktor penambahan berat badan karena makin tua seseorang akan terjadi kenaikan berat badan sekitar 0,5 kg per tahun untuk wanita dan 0,7 kg pada laki-laki. Perubahan gambar wajah-wajah para partisipan studi ini juga diprediksi berdasarkan tingkat keteraturan olahraganya. 

"Foto yang menunjukkan bahwa kulit  kendur pada leher dan rahang adalah bagian wajah yang paling terpengaruh jika kita tidak berolahraga. Dahi dan area mata yang cenderung lebih gemuk juga tanda orang yang tidak aktif," katanya. 

Whitehead dan timnya saat ini giat melakukan studi untuk menggambarkan kepada masyarakat bagaimana dampak kebiasaan sehari-hari terhadap penampilan mereka di masa depan. Selain olahraga, gaya hidup yang berpengaruh pada penampilan kulit antara lain adalah pola makan, tembakau, serta penggunaan alkohol.
source: kompas

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar