my banner link

Minggu, 25 Juli 2010

Aman Bertransaksi Online


Bertransaksi di internet akan terasa jauh lebih mudah dan cepat, berbagai macam sistem pembayaran pun ditawarkan. Ada yang masih menggunakan sistem transfer bank, sistem voucher, hingga pembayaran dengan kartu kredit. Masih banyak di antara pembeli online yang masih menyangsikan keamanan dari sistem yang terakhir, yaitu pembayaran dengan kartu kredit. Mereka hanya belum tahu bahwa teknologi canggih sudah mendukung keamanan hampir di semua situs e-commerce dan payment gateway yang ada sekarang ini. Untuk menjawab hal ini maka ada hal-hal yang bisa kita gunakan sebagai pedoman dalam berbelanja online dan dalam bertransaksi menggunakan kartu kredit.
  1. Pastikan website e-commerce memiliki reputasi dan badan yang jelas. Lihatlah perusahaan atau badan yang ada di balik website tersebut. Tanyakan kepada rekan atau teman adakah di antara mereka yang pernah berbelanja di situs tersebut. Semua website e-commerce akan menyertakan no. Telepon atau email kontak yang jelas, tanyakan langsung kepada mereka.
  2. Perhatikan segala informasi atau perintah yang diberikan di website tempat anda berbelanja. Katalog dan gambar produk jelas, harga jelas, biaya pengiriman jelas, pajak (bila ada) jelas. Bila anda kurang jelas atau yakin, segera hubungi nomor telepon customer service atau admin yang biasanya disediakan di website tersebut sebelum anda melakukan proses pembayaran.
  3. Baca aturan dan tata cara berbelanja di website tersebut. Website e-commerce yang baik harus mencantumkan aturan dan tata cara yang berbelanja yang jelas. Bila anda sudah yakin dan merasa aman lakukan langkah-langkah yang diberikan dengan benar.
  4. Gunakan web browser terkini yang sudah men-support SSL (Secure Sockets Layer). Teknologi ini melakukan enkripsi terhadap data yang anda ketik di situs, data anda akan diacak agar tidak memungkinkan orang lain mengintip bahkan mencuri data anda. Pada saat anda melakukan transaksi pembayaran pastikan halaman yang anda lihat memiliki alamat yang dimulai dengan ”https://” , ”s” adalah singkatan kata ”secure” atau ”aman” . Pada web browser modern biasanya address bar akan berubah warna menjadi biru, hijau, atau merah. Ini artinya halaman tersebut menggunakan teknologi SSL. Anda aman.
  5. Perhatikan logo-logo sertifikat keamanan suatu situs. Logo keamanan itu dikeluarkan oleh perusahaan independen yang telah memeriksa keamanan suatu situs. Logo tadi menandakan bahwa situs tersebut telah dinyatakan aman. Dengan meng-klik logo tersebut Anda akan mendapatkan informasi detail tentang situs. Ini perlu dilakukan untuk menghindari upaya pemasangan logo palsu oleh pihak yang tidak bertanggung jawab.

Selamat berbelanja!
source: eureka

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar