my banner link

Jumat, 25 Maret 2011

Bisakah Dudukan Toilet Menularkan Infeksi ?

Ketika kita di kantor atau di tempat umum kemudian terasa ingin berhajat, kita akan membayangkan dudukan toilet di tempat umum yang sudah dipakai banyak orang sering menimbulkan kekhawatiran akan kebersihannya. Beberapa orang bahkan takut menggunakan toilet umum karena tak ingin terkena kuman dan virus penyebab penyakit menular seksual.

Menurut dr Sophia Yen, peneliti senior dari Lucile Packrad Children Hospital, kekhawatiran akan penularan infeksi menular seksual (IMS) dari dudukan toilet sebenarnya tidak beralasan. Ia menyebutkan, virus dan bakteri penyebab IMS tidak bisa hidup di luar tubuh dalam waktu lama, apalagi di suhu dingin dan permukaan keras seperti dudukan toilet.
"Lagi pula virus dan bakteri penyebab IMS tidak ada dalam urine. Karena itu, risiko tertular IMS dari penggunaan toilet umum sangat kecil, bahkan hampir tidak ada," katanya.
Ia menambahkan, yang perlu dikhawatirkan adalah penularan penyakit melalui kontak kulit dengan kulit atau kontak mulut. Ciuman misalnya. Aktivitas ini bisa menularkan herpes jika ada lesi atau luka terbuka di mulut.
IMS mayoritas terjadi karena hubungan seksual, baik melalui vagina atau anus. Ini karena virus dan bakteri biasanya berada dalam cairan tubuh, seperti darah, air mani, atau selaput lendir. Mata yang tersentuh tangan yang tercemar cairan yang terinfeksi juga bisa menyebabkan infeksi mata yang serius.
Penularan IMS juga bisa terjadi melalui proses persalinan saat bayi melewati jalan lahir yang sudah ada luka terbuka yang bisa menyebabkan kerusakan otak, kebutaan, dan kematian.
source: AN/Kps  Editor: Lusia Kus Anna 

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar