my banner link

Selasa, 23 November 2010

Perlukah Latihan Beban untuk Wanita?

Kenapa Angkat Beban itu Perlu untuk Wanita?
Sering kali saya ngobrol dengan beberapa cewek di gym, ketika saya tanya, kenapa tidak latihan beban? Semua menjawab, saya tidak mau badan saya jadi besar dan berotot kayak “mereka” sembari menunjuk ke arah beberapa cowok yang sedang berlatih beban.
Mendengar jawaban tersebut, saya merasa kasihan karena kurangnya pengetahuan di bidang kesehatan dan membentuk tubuh, tetapi sekaligus tersinggung berat (karena saya sudah mati-matian berlatih beban tetapi badan saya tidak besar-besar, malah cewek yang tidak berlatih bilang takut besar).
Cowok dan cewek adalah species yang berbeda. Suatu contoh yang ekstrim misalnya seorang cowok dan seorang cewek berlatih dengan beban yang sama beratnya, makan protein yang sama banyaknya, dan berlatih dengan durasi yang sama lamanya, kira-kira bagaimana hasilnya? Cowok pasti lebih berotot daripada cewek. Karena tubuh cowok, memproduksi hormon yang dipergunakan untuk membentuk otot dalam jumlah yang sangat besar, sekitar 100x cewek. Bisa dibayangkan betapa berbedanya tubuh kita. Selain itu, karena perbedaan genetik yang ada, tubuh cewek dilatih seberat apapun, tidak bisa mengembang atau membesar seperti cowok. Otot cewek akan memadat atau mengencang ketika dilatih bahkan dengan beban yang sangat berat.
Tubuh cewek memiliki jumlah lemak yang pasti lebih tinggi daripada tubuh cowok. Ketika melatih otot, seiring dengan memadatnya dan mengencangnya otot, timbunan lemak akan berkurang. Lemak akan dibakar di dalam sel otot, jadi semakin banyak jumlah sel otot, maka kompor pembakar lemak akan semakin banyak, dan jelas ini yang diinginkan bukan?
Coba kita perhatikan berapa banyak cewek overweight yang datang ke gym, langsung berlatih cardio di treadmill. Begitu setiap hari, tetapi beratnya tidak kunjung turun, atau turun tetapi hanya 1-2kg saja tidak pernah bisa mencapai berat idealnya? Mereka tidak memasukkan menu berlatih beban ke dalam jadwal latihannya.
Jadi untuk para cewek, jangan takut untuk berlatih beban. Selain mendapatkan pengencangan otot, tubuh cewek akan mendapat bonus pengurangan lemak. Jalan pasti menuju tubuh yang lebih sexy.
Sumber: dennysantoso

Tidak ada komentar:

Posting Komentar