my banner link

Sabtu, 03 Oktober 2009

Mitsubishi Pajero Sport untuk Menyaingi Fortuner

JAKARTA, KOMPAS.com — Salah satu andalan Mitsubishi di segmen SUV dan sudah sangat dikenal di arena reli padang pasir, Pajero, hari ini resmi diluncurkan di Indonesia. Peluncuran dilakukan di hotel Ritz-Carlton, Jakarta. Selain dihadiri Presdir PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB) Fumio Kuwayama, juga ada utusan dari Mitsubishi Motor Corporation, prinsipal mereka dari Jepang.

Tiga varian yang ditawarkan adalah Exceed AT 4 x 4 atau 4WD (four wheel drive) dengan harga on the road (masih perkiraan) untuk Jabodetabek, Rp 445 juta. Versi manualnya, dengan label GLX 4 x 4 ini dijual seharga Rp 404 juta. Harga terbawah, Rp 370 juta, adalah versi Exceed 4 x 2 dengan transmisi otomatik.

Menurut Rizwan Alamsjah, Direktur Pemasaran KTB, jauhnya perbedaan harga (Rp 75 juta) antara versi 4 x 4 dengan 4 x 2 disebabkan oleh pajak.

“Kalau pajaknya sama, perbedaannya tidak sebesar itu,” ujarnya. Meski begitu, kenyataannya, antara Pajero Sport transmisi otomatik dengan manual, perbedaannya masih cukup tinggi, yaitu Rp 41 juta.

Kendati baru diluncurkan hari ini, perkenalan kepada media sudah dilakukan akhir bulan lalu. Hasilnya, sampai sekarang, yaitu untuk Agustus-September, PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors telah mendapatkan pesanan 250 unit.

Kozo Shiragi, COO (Chief Officer Operation) dan Senior Wakil Presiden Mitsubishi Motor Corp, Jepang, mengharapkan perwakilannya di Indonesia bisa menjual 500 Pajero Sport ini sampai akhir tahun. Komposisinya, 25 persen untuk versi 4 x 4, dan 75 persen varian 4 x 2.

Dijelaskan pula, versi 4WD untuk off-roader atau mereka yang bekerja di pertambangan. Mereka yang lebih sering berkendara di dalam kota cenderung memilih versi 4 x 2. “Bukan saja karena harganya lebih murah, konsumsi bahan bakarnya juga lebih irit dibandingkan dengan 4 x 4,” ujar Rizwan.

Semua varian Pajero Sport ini mengandalkan mesin diesel DI-D, common rail, DOHC, 2,5 liter, turbocharger dengan intercooler. Tenaga yang dihasilkan 136 PS @3.500 rpm dan torsi 32 kgm (314 Nm) @2.000 rpm.

Dari segi penampilan, Pajero Sport ini sangat berbeda dari pendahulunya. Wajahnya kombinasi antara Pajero dan saudaranya yang juga sangat dikenal di Indonesia, yaitu Strada Triton. Mitsubishi menggolongkannya sebagai SUV keluarga. Pasalnya, mobil tersebut bisa memuat 7 penumpang dengan 3 deret tempat duduk.

Menurut Kazuhiro Notani, Project Manager RV Product Mitsubishi Motor Corp, Pajero Sport ini dikembangkan dari berbagai DNA produk Mitsubishi lain. Selain Pajero sendiri (sport dan massal), juga diambil dari Lancer Evolution (sport dan produk massal), Strada Triton, dan Grandis.

Inilah yang menyebabkan penampilan mobil menjadi perpaduan antara Strada dan Pejero sebelumnya. Adapun interior, termasuk mewah, diambil dari Grandis.

Dalam presentasinya, Mitsubishi membandingkan Pajero ini dengan Toyota Fortuner. Sistem operasional 2WD ke 4WD atau sebaliknya bisa dioperasikan saat kendaraan dikebut pada kecepatan 100 km/jam.

Fitur lainnya adalah ABS dan EBD. Sistem 4 x 4-nya dilengkapi dengan hybrid limitied slip differential (LSD) yang dikombinasikan dengan viscous coupling unit (VCU). Menurut Mitsubishi, fitur terakhir ini dirancang khusus dengan ABS yang mereka gunakan. Tujuannya, untuk mencegah ban kehilangan traksi bila satu menggelinding di permukaan yang licin.

Dimensi Pajero Sport


4WD
2WD

Exceed
Otomaik
GLX Manual
Exceed
Otomatik
Panjang
4.695


Lebar
1.815


Tinggi
1.840
1.800
1.840
Jarak sumbu roda
2.800


Jarak pijak depan
1.520


Jarak pijak belakang
1.515


Celah terendah
215


Berat kendaraan
2.055
2.045
1.945
Berat dengan beban
2.710
2.710
2.650

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar