my banner link

Minggu, 08 Agustus 2010

The Secret Book of MLM




MLM...LML....MML...LLM...Bahkan mengucapkannya saja belibet. Yah, itulah Network Marketing, yang lebih dikenal oleh masyarakat dengan sebutan MLM (Multi Level Marketing). Bahkan gak jarang aku dengar plesetan dari singkatan MLM tersebut. Ada yang bilang Masuk Langsung Mati, Masuk Langsung Musnah, Mulut Lewat Mulut, dan lain-lain. Yang mungkin karena banyak sekali perlakuan negatif dan tidak bertanggung jawab dari para pelaku Money Game yang mengatasnamakan perbuatan haramnya sebagai MLM, tidak jarang aku temui orang-orang yang kemudian men-judge bahwa MLM adalah bisnis haram. Bahkan, juga sering aku temukan tulisan-tulisan yang mengatakan bahwa MLM adalah bisnis haram. Itulah akibat dari perbuatan tidak bertanggung jawab dari para pelaku Money Game yang mengatasnamakan bisnisnya adalah MLM. Justru itu sebagai tantangan para networker sejati untuk membuktikan bahwa MLM bukanlah bisnis pelipatgandaan uang, bisnis untuk orang yang gak ada kerjaan, apalagi bisnis yang membodohi orang lain. 

Melalui buku ini, akan lebih dapat memahami MLM dengan sejelas-jelasnya. Bukan dari referensi-referensi yang kebanyakan justru hanyalah kata si A, kata si B, kata si C, yang notabene dia gagal, apalagi ada juga yang tidak tahu dan tidak pernah menghadiri presentasi bisnis MLM namun sudah menjelek-jelekkan bisnis MLM. Dengan tidak bermaksud menyalahkan siapapun, justru dengan buku ini adalah salah satu cara untuk menunjukkan kepada umum bahwa bisnis MLM adalah bisnis yang memiliki sistem yang sangat rapi dan para pelakunya berpotensi untuk memperoleh penghasilan sesuai yang diimpikan. Sesuai dengan yang direferensikan oleh Robert T. Kiyosaki dalam bukunya The Cashflow Quadrant. Disana dijelaskan dengan objektif bahwa bisnis MLM merupakan salah satu langkah untuk membangun sebuah aset yang terus berkembang, selain Perusahaan Konglomerasi dan Franchise yang kini semakin merebak.

Sekedar sebagai informasi, bahwa sebenarnya bisnis Franchise yang kini merebak berawal dari bisnis yang awalnya tidak diijinkan oleh pemerintah Amerika Serikat karena dengan sistem yang dulunya dianggap aneh. Hingga akhirnya pada tahun 1990-an, pemerintah Amerika Serikat mengeluarkan undang-undang yang berkaitan dengan bisnis Franchise ini. Dan anda tahu, saat ini bisnis Franchise adalah merupakan salah satu konsep bisnis yang diburu oleh para pengusaha-pengusaha. Termasuk McDonald yang bahkan para pengusaha-pun mencari-cari orang yang bersedia dijadikan Franchisee. Padahal untuk membeli lisensi dari McDonald sebesar US$ 600.000. Karena untuk bisa mendapatkan lisensi itu, tidak sembarang orang. Artinya, perlu ada relasi untuk menghubungkan dengan Franschisor.

Lantas bagaimana dengan MLM? Bisnis ini sempat merebak pula di tahun 1990-an. Tapi saat itu, untungnya aku tidak termasuk. Karena aku melihat dari orang tua-ku yang mengikuti berbagai jenis MLM, namun tidak menghasilkan apa-apa. Bonusnya bahkan tidak mencapai 100rb. Aku pikir dulu, daripada menjalankan bisnis yang gak jelas itu, lebih baik sekolah sampai dengan S3 (kalo perlu sampai es teler...hehehe becanda ^_^), dan setelah itu mencari kerja dengan bermodalkan ijazahku. Tapi ternyata, namanya juga gak suka. Waktu ditawarkan bisnis MLMpun aku hanya bisa tertawa ngakak karena melihat bisnis ini bisa menghasilkan penghasilan puluhan, ratusan juta, bahkan milyaran dalam waktu dibawah 10tahun. Karena pikirku, bapakku aja untuk dapat penghasilan puluhan juta, harus ditempuh selama puluhan tahun, tepatnya 3tahun sebelum beliau pensiun. Nah, itu sedikit kisahku dengan MLM. Selanjutnya, pada tahun 1990 itu muncul oknum orang-orang yang memanfaatkan dan meniru sistem MLM ini namun tidak dengan manajemen yang baik. Bahkan menipu orang lain dengan mengatakan ”
kamu join ini, ntar duitnya akan jadi banyak sendiri.”, dan anehnya tidak sedikit orang yang ikut-ikutan dengan bisnis ini (untungnya ortuku sangat cerdas untuk mau mengikuti bisnis ini). Bahkan hingga membawa Rektor sebuah perguruan tinggi di Malang masuk bui (alias dipenjara). Aku juga dengar cerita, ada juga orang yang awalnya hanya memiliki motor, memang kemudian akhirnya memiliki mobil yang cukup bergengsi, namun setelah itu dia menjadi jauh sangat melarat, bahkan motorpun tidak punya, rumahnya digadaikan. Menyedihkan memang kalau melihat para korban bisnis ini. Inilah bisnis yang dinamakan Money Game. 

Bentuknya banyak. Ada yang dengan sistem Piramid (atau juga disebut sistem Binary), ada yang menyebutnya Arisan Berantai, adapula yang dengan menggunakan Koin Emas ataupun perhiasan yang dijual jauh diatas harga sebenarnya.

Lanjut ke kisah saya dengan MLM. Aku sempat penasaran saat ditawari bisnis MLM ini. Dan akhirnya aku memutuskan untuk mempelajarinya. Jelas dari buku-buku Best Seller dan buku-bukunya ahli ekonomi, masa’ mau tanya ke tetangga? Ya gak?! ^_^ Dan alhamdulillah aku ditunjukkan. Aku baca buku The Cashflow Quadrant dan Bussiness School yang ditulis oleh Robert T.Kiyosaki. Sejak itu aku jadi mudeng. Oiya, ditambah lagi ahli ekonomi (bisa dibilang gurunya Pemasaran Indonesia) Hermawan Kertajaya-pun mengatakan bahwa MLM adalah salah satu solusi untuk memberikan kesempatan berwirausaha dengan modal yang minim. Dan mulai sejak saat itu aku memutuskan untuk mengambil jalan bisnis MLM ini sebagai langkah menapaki hidupku. (haiah...bahasanya itu loo...^_^). Intinya aku memilih MLM sebagai tempatku memperoleh penghasilan.

Melihat buku ini, aku menjadi semangat dan yakin bahwa bisnis MLM adalah merupakan bisnis yang akan dicari-cari oleh pengusaha-pengusaha di seantero dunia diatas tahun 2010 besok. Aku berani jamin, karena ahli ekonomi Paul Zane Piltzer-pun memprediksi yang sama. Bahkan sebagian besar pembelajaan masyarakat Amerika Serikat pada tahun 2010 keatas akan mengarah ke bisnis MLM yang memiliki core productnya di bidang Kesehatan. Ayo kita buktikan sama-sama ya ^_^. Kenapa buku ini bikin aku semangat dan yakin? Karena sangat mudah dipahami (dikemas dalam bentuk cerita antara upline bernama Steve, dan downline bernama Tom) dan menjelaskan dengan sangat detail mulai dari memberi pemahaman mengenai MLM, hingga memberi pemahaman secara teknis bagaimana menjalankan bisnis MLM dengan cara yang benar dan terbukti berhasil. 

Bener banget kalo buku ini dijudulkan The Secret Book of MLM. Check this out !!!



source : senowahyu

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar