my banner link

Selasa, 22 September 2009

Liverpool, you'll never walk alone...Big Reds..


2009071293628_bigreds.jpg When you walk thourgh a storm..hold your head up high and don’t be afraid of the dark at the end of a storm there’s a golden sky, and the sweet silver song of a lark..walk on through the wind, walk on the through the rain though your dreams be tossed and blown..Walk on, walk on, with hope in your heart, and you’ll never walk alone...You’ll never walk alone

Itulah lirik You’ll Never Walk Alone yang menjadi lagu kebangsaan bagi seluruh penggemar klub sepakbola asal Inggris, Liverpool. Lagu ini mula-mula hanya terdengar di Stadion Anfi eld, kandang Liverpool. Namun setelah penggemarnya menggurita, syair itu pun dihapal oleh seluruh Liverpudlian [fan The Reds] di seluruh dunia.

Sekarang, lagu itu tidak hanya dinyanyikan di stadion. Di Jogja pun, kala Liverpool bertanding, dengan lantang anggota Big Reds Jogja mengumandangkannya. Big Reds adalah Indonesian Offi cial Liverpool Football Club Suppoters Club alias kumpulan suporter The Kop di Indonesia yang telah memperoleh lisensi resmi.

Redi S. Hamdani, Korwil Big Reds Jogja, mengatakan secara nasional Big Reds berdiri pada 28 Desember 1999. “Big Reds Indonesia mendapat lisensi pada 18 Oktober 2004,” jelas Redi. Untuk Korwil Jogja, resmi bergabung pada 2005.

“Untuk mengumpulkan anggota dan bergabung secara resmi, susah-susah gampang tapi tetap perlu perjuangan,” jelas Redi. Dia berkisah, pada awal mula berdiri, dirinya selalu menyambangi tempat digelarnya acara nonton bareng yang menyiarkan Liverpool.

Dari sini, terlihat antusiasme pendukung. Dari lima orang, anggota Big Reds terus berkeliling dari satu lokasi nonton bareng [Nonbar] ke lokasi lainnya. “Tujuannya mencari anggota baru,” ungkap Redi. Selain dari acara Nonbar, perekrutan anggota juga bergerilya dari kos ke kos dan kampus. Saat ini, anggota resmi ada 80 orang.

Setiap jeda kompetisi adalah masa yang ‘melelahkan’ karena tidak ada acara pemersatu anggota. Namun, Big Reds mengadakan kegiatan non sepakbola untuk menjalin keakraban. “Apa saja yang penting bisa bersama, mulai dari paint ball, rafting, nonton, bioskop, atau futsal,” tandas Redi. Kegiatan rutin adalah futsal tiap Selasa malam.

Kegiatan Big Reds Jogja termasuk bejibun. “Selain mengadakan kunjungan antar Korwil, saat bulan puasa, kita melakukan kegiatan sosial,” jelas Redi. Dia mengungkapkan, Big Reds juga menjalin silaturahmi dengan suporter klub lain.

“Di Big Reds, kita bisa tukar informasi, termasuk tahu paling awal mengenai perkembangan Liverpool,” jelas Redi. Bagi pencinta Liverpool, menjadi satu kebanggaan tatkala memperoleh informasi lebih awal dan lebih lengkap dibanding yang lainnya. Sarana informasi anggota Big Reds adalah majalah Walk On Reds Letter.

Mengirim anggota Aji Wibowo, Humas Big Reds Korwil Jogja, menambahkan sebagai bukti loyalitas kepada Liverpool, setiap tahun ada program dari Big Reds yang mengirim anggota
untuk menonton pertandingan ke Stadion Anfi eld secara langsung. “Tapi akomodasi ditanggung sendiri,” cetusnya. Big Reds hanya akan memfasilitasi anggota.

“Jika ada Liverpool tour Asia, anggota Big Reds Jogja selalu ada perwakilan untuk menonton,” ungkap Aji. 26 Juli mendatang, empat orang anggota Big Reds Jogja berangkat
ke Singapura untuk menonton Liverpool bertanding.

Bagi Aji prestasi Liverpool yang tidak stabil bukan alasan untuk tidak memberikan dukungan. “Ini soal loyalitas dan kebanggaan, kami yakin Liverpool akan memperoleh hasil terbaik, pemainnya juga sudah cukup mumpuni untuk meraih juara,” tandas penggemar berat Steven Gerrard ini.

Keanggotaan
Saat ini anggota Big Reds Jogja berjumlah 80 orang. Aji Wibowo, Humas Big Reds Korwil Jogja, mengatakan bahwa keanggotan Big Reds bersikap terbuka. “Siapa saja boleh bergabung asal penggemar Liverpool,” ungkapnya.

Untuk menjadi anggota Big Reds, imbuh Aji, calon anggota harus mengisi formulir dan membayar uang pendaftaran Rp150 ribu. “Keanggotan berlaku tiga tahun, anggota baru mendapat fasilitas kartu anggota, kaos, necklace, stiker, dan gelang,” ungkapnya. Pendaftar dapat menghubungi nomor 0816660591 atau www.big-reds.org. Oh ya, selain berkumpul, komunitas ini juga membuktikan kemampuannya dengan meraih beberapa penghargaan. Beberapa karya dan prestasi yang pernah diraih Big Reds Jogja adalah menjadi tuan rumah Gathering Nasional Pertama Big Reds 26-29 Desember 2008, juara Futsal Antar Fans Club di Gaol Futsal, Juara Paintball 1st Anniversary Aqeela Cave. (Dian Ade Permana)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar