my banner link

Kamis, 24 September 2009

Varian Baru Toyota Alphard: Varian Murah MPV Mewah

Setelah menangguk sukses dari rilis resmi sejak tahun silam nampaknya PT Toyota Astra Motor (TAM) bakal meneruskan dominasinya di segmen MPV premium. Puluhan unit yang terjual dari kloter pertama membuat PT TAM makin agresif melengkapi line up-nya tahun ini.

Ya, informasi yang kami terima menyebutkan bahwa PT TAM mencanangkan untuk bisa melepas hampir 200 unit Alphard buat tahun 2009. Biar lebih solid pencapaiannya maka varian baru itu tengah intensif digodok. Namun uniknya yang sedang dipersiapkan adalah varian 'murah'. "Rencananya akan kami rilis di kuartal ketiga tahun ini," aku Achmad Rizal selaku marketing communication manager PT TAM. Disebutkan juga kalau varian baru itu akan bermesin 2.4 liter atau 2.400 cc.

OTOMOTIF secara kebetulan menjumpai 'unit trial' Alphard varian ekonomis itu. Sepintas memang tak ada beda dari varian 3.5 liter. Hanya saja unsur kemewahan kabin sudah dikorting. Sebut saja pelapis jok dan panel pintu berbahan kain. Sandaran tangan pada panel pintu tengah juga sudah tidak ada.

Jok baris kedua tidak lagi captain seat, kali ini untuk tiga penumpang. MPV sepanjang 4.850 mm ini bakal berspek 8 seater. Lalu center fascia-nya berdetail lebih simpel. Tak beda karakternya dari yang bisa kita lihat pada Camry versi 2.4 liter. Bemper depan juga lebih sederhana detailnya meski masih ada fog lamp.

Rizal menyebut bahwa belum ada ancar-ancar harga buat Alphard 'murah' itu. Namun rasanya akan ada pada rentang harga Rp 850-900 jutaan. Mengingat di gerai ID, Alphard varian 'murah' berbanderol harga Rp 700 jutaan. Harga versi 3.5 liter rilisan PT TAM sendiri berharga Rp 1,1 miliar.

JAGOAN IU DAN ATPM
Sejak diluncurkan perdana tahun 2003 dan masuk ke Indonesia setahun kemudian yang namanya Toyota Alphard tetap jadi incaran peminat kendaraan yang nyaman sekaligus berdaya angkut besar. Tommy R. Dwiananda ketua AIKI (Asosiasi Importir kendaraan Bermotor Indonesia) menyebut kalau untuk semester pertama tahun ini saja menurut perkiraannya telah terjual lebih dari 500 unit Alphard versi terbaru.

Menurut data Gaikindo per Desember tahun 2008 pihak PT Toyota Astra Motor telah melepas 54 unit Alphard. Di tangan ATPM Toyota ini harga versi full spec yang disodorkan Rp 1,1 miliar. Sementara pihak IU (importir umum) melego versi G pada angka Rp 860 juta. Kedua pihak sama-sama sukses menangguk penjualan.

Ditengarai pihak PT TAM memang sengaja melansir varian termahal lebih dulu. Tak lain agar pasar buat Alphard lewat jalur ATPM memang terbentuk image mewahnya dengan kuat. Jika demand memang terus menguat maka segera dijadwalkan untuk merilis varian yang lebih rendah. Dengan begitu daya serap pasar tetap terjaga.

Jelas bukan tanpa alasan kalau itu dilakukan. Karena dipasar mobil bekas sendiri, Alphard 'hanya' mengalami depresiasi harga Rp 10-20 juta buat masa pakai 2 tahun.

http://www.toyota.co.id

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar