my banner link

Selasa, 17 November 2009

Bakar Lemak dengan Aerobik

Apabila dibenak anda pengertian latihan aerobik adalah senam yang biasanya dilakukan oleh ibu-ibu di suatu ruangan yang dikelilingi kaca dan diiringi dengan lagu-lagu house, Anda mungkin sedikit keliru, pengertian aerobik yang lebih tepat adalah kegiatan yang menggunakan oksigen untuk melatih kekuatan jantung. Dilihat dari tempat dilakukannya kegiatan aerobik, aerobik dapat dibagi menjadi 2 kategori besar, yaitu....


-Aerobik indoor, yaitu kegiatan aerobic yang dilakukan dalam ruangan seperti treadmill,sepeda statis , musik aerobic dll
- Aerobik outdor adalah aerobik yang dilakukan di luar ruangan, seperti sepak bola ,bulutangkis, basket,jogging berenang,dll.

Ok,Langsung saja tanpa panjang lebar,berikut langkah-langkah yang harus dilakukan untuk membakar lemak dengan latihan Aerobik.
1. Pilihlah jenis aerobik yang paling anda sukai.
memilih jenis aerobik yang anda sukai dapat mengantisipasi kejenuhan dalam menjalani aktifiras aerobik, sehingga aerobik dipandang menjadi kegiatan yang menyenangkan bukan malah dianggap beban , lebih baik lagi lakukanlah kegiatan aerobik dengan teman anda, agar kejenuhan hilang ketika aerobik.
2. Ketahui waktu terbaik dalam melakukan kegiatan aerobik
Kegiatan Aerobik mulai membakar lemak dalam tubuh setelah 20 menit anda melakukan aerobik, pada 20 menit pertama tubuh mengambil energi dari gula darah, setelah gula darah habis/ merendah (setelah 20 menit) barulah tubuh mengambil energi dari lemak Anda, jadi apabila sebelumnya anda melakukan Aerobik kurang dari 20 menit, bukan lemak yang anda bakar, tetapi energi dari gula darah dalam tubuh anda, mungkin itu alasan selama ini aerobik anda tak berdampak apapun. Untuk hasil terbaik,gunakanlah 20 menit pertama untuk kegiatan angkat beban, agar hasil pembakaran lemak lebih efektif.Waktu alternatif lain yang baik dalam melakukan kegiatan aerobik adalah ketika pagi hari sebelum sarapan, karena pada pagi hari, kadar gula darah kita sangatlah rendah, dikarenakan gula darah habis diserap ketika kita tidur.

3.Luangkanlah waktu minimal 3 hari seminggu.
Ya, luangkanlah minimal 3 hari dalm seminggu, tapi alangkah lebih baiknya apabila anda melakkukan kegiatan aerobik rutin setiap pagi hari., Aturlah jadwal sesuai dengan kesibukan anda.

4.Lakukanlah pemanasan dan peregangan terlebih dahulu
Anda pusing perbedaan pemanasan dan peregangan? Simplenya begini, sebelum melakukan kegiatan aerobik, lari-lari kecilah kira-kira 3-5 menit, ini pemanasan namanya, setelah pemanasan dilakukan lanjutkan dengan peregangan, anda mungkin sudah sangat familiar dengan peregangan ini kan. Utamakan bagian tubuh yang paling sering dipakai dalam jenis aerobik yang anda pilih, contohnya, apabila aerobik yang anda pilih misalnya sepak bola, lakukanlah pemanasan terlebih dahulu di sekitar kaki/ bagian tubuh bagian bawah.
5.Hindari latihan berlebihan.
Sesuatu yang berlebihan memang selalu tidak baik, begitu pula dengan kegiatan aerobik, apabila latihan aerobik dilakukan dengan berlebihan, lebih dari 2 jam misalnya, tubuh akan mengambil energi bukan dari lemak anda lagi, tetapi dari otot-otot anda (katabolisme). Lakukan kegiatan aerobik sewajarnya, sesuaikan dengan kadar lemak dalam tubuh anda, apabila kadar lemak anda sangat tinggi (obesitas) minimal anda harus menghabiskan waktu 1 jam , namun apabila kadar lemak anda tak terlalu tinggi, latihanlah 30-45 menit saja.
6.Barengi dengan latihan beban.
Apabila dibarengi dengan latihan beban, kegiatan aerobik akan sangat efektif membakar lemak di tubuh anda, pergunakanlah 20 menit pertama untuk latihan beban (penjelasan lebih lengkap akan dibahas di tulisan selanjutnya) lakukan latihan beban dengan repetisi yang tinggi, (lebih dari 15 kali repetisi dengan beban yang tidak terlampau berat), latihan beban ini sangat berguna untuk menambah massa otot anda, semakin banyak otot dalam tubuh anda semakin banyak energi yang terbakar ketika melakukan aerobik. Latihan beban juga akan berdampak baik setelah anda selesai melakukannya, 3 jam setelah latihan beban, tubuh masih akan membakar lemak dalam tubuh anda.
7.Aturlah pola makan Anda.
Ini adalah kunci keberhasilan dari semua tahapan yang telah anda jalani, pengaturan pola makan akan sangat mempengaruhi hasil dari usaha yang anda lakukan, akan sangat percuma jika anda giat dan gigih ber aerobik tetapi makan yang masuk kedalam tubuh anda tidak terkendali (pengaturan pola makan ini akan saya bahas khusus nanti) tetapi hal-hal yang wajib diperhatikan adalah , jauhi makanan yang berkadal lemak tinggi, seperti minyak, margarin,mentega, kulit ayam,jeroan dll. Hindari penyajian makanan dengan digoreng!!! Awalnya memang sedikit sulit, Gantilah dengan penyajian dipanggang,digoreng,direbus. Hindari cemilan berkalori tinggi seperti permen, coklat,kue dll, gantilah dengan buah atau sayuran yang anda suka. Pengaturan pola makan yang baik dan latihan aerobik secara proporsional mudah-mudahan akan menghasilkan hasil yang positif bagi tubuh anda, selamat beraerobik. Semoga bermanfaat.
source: ”membakar lemak tanpa lapar tanpa lemas” by Ade rai.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar